Rekomendasi Dokter Anak di Jakarta dan Batam

Sebuah tema yang mungkin sudah sering dibahas. Tapi rasanya tak pernah basi dan akan selalu dicari. Karena saya sendiri juga sering mencari-cari rekomendasi dokter baik di Jakarta maupun Batam. Jadi saya juga akan berbagi pengalaman seputar dokter anak. Semoga bermanfaat yaa..

Oiya, disclaimer, ini sharing pengalaman pribadi yang tentunya sangat subjektif yak..

Jakarta

Dokter Syaiful Effendi

Saya bertemu dokter Syaiful di RS Hermina Ciputat. Beliau adalah dokter anak pertama yang menangani Thole. Jadi, setelah lahir, Thole dapet dokternya adalah dokter Syaiful. Kebetulan juga dokter Syaiful ini adalah suami dari dokter kandungan yang menangani saya pas lahiran. Wkwk.. Dua atau tiga kali saya ke dokter Syaiful untuk imunisasi, tidak pernah antri panjang. Entah memang pasiennya tidak banyak atau kebetulan saya di hari yang tidak ramai.

Dokter Syaiful ini pembawaannya kalem, tenang, gaya bicaranya juga yang bikin adem gitu lho.. Penjelasannya pun enak, ngga banyak ngasih obat. Tapi.. agak pendiam. Jadi kita kudu banyak nanya. Saya pribadi siy fine-fine aja dengan dokter Syaiful. Tapi imunisasi ketiga kami mencari tempat lain karena nyari yang lebih murah. Hehe..

 

Dokter Novitria

Sekitar bulan Juli saya mendatangi dokter Novitria di BWCC Bintaro. Kalau tidak salah, seorang teman pernah merekomen dokter Novi. Dan overall dokter-dokter di BWCC kayaknya oke sih, jadi saya pede aja. Alhamdulillah, dokter Novi ini memang enak banget untuk konsultasi. Dijelaskan panjang lebar, dan tidak langsung kasih obat. Saya juga sempat konsul soal laktasi dan menyapih.

Sumber: FB BWCC Bintaro

Dokter Ivenna

Waktu liburan lebaran di Jakarta kemarin, Thole sempat biduran lagi. Saya kembali membawanya ke dokter di BWCC, dan jadwal dokter anak yang ada saat itu adalah dokter Ivenna. Dokter Ivenna ini juga seperti dokter Novi, ngga pelit penjelasan, ramah, ngga buru-buru periksanya. Sayangnya waktu itu Thole rewel di ruang dokter gegara lagi asik main perosotan terus dipanggil. Jadilah saya ga bisa lama-lama konsul sama dokter Ivenna. Padahal banyak yang mau ditanyain. Huff..

 

Dokter Arifianto (Apin)

Kalau dokter satu ini sepertinya dah terkenal, viral, di kalangan emak-emak muda Jakarta. Iya ga sih? Soalnya dokter Apin ini aktif berbagi ilmu di medsos. Saya pun tahu beliau dari medsos. Sering membaca tulisan-tulisan, termasuk bukunya yang sudah saya review. Karena itu saya penasaran juga konsul dengan dokter Apin, mumpung di Jakarta, sekitar libur lebaran tahun lalu. Tanpa ragu saya mendatangi salah satu tempat praktik dokter Apin, yaitu di Markas Sehat di daerah Jati Padang, Pasar Minggu. Dan, memang sih, so far dokter Apin ini dokter yang paling detail meriksa Thole. Walaupun yang saya keluhkan saat itu hanya Thole yang sulit BAB, tapi dokter Apin tetap memeriksa tumbuh kembang Thole. Telinganya juga diperiksa, tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, semuanya deh pokoknya. Dan hanya di sini, nimbang berat badan harus buka popok. Tentu supaya lebih akurat yak. Karena memang ga bisa dipungkiri, kadang kan popok anak udah penuh dan beraatt.

Dokter Apin juga ga segan-segan jelasin tentang tumbuh kembang anak, dan menjawab pertanyaan. Selain itu, ga gampang ngasih obat, apalagi antibiotik. Saya hanya sekali aja tapi ke dokter Apin, karena lokasinya jauuhh, dan agak mahal. Hehe..

 

Batam

Mencari dokter anak yang receommended di Batam tak semudah di Jakarta. Bolak-balik buka gugel tapi jarang nemu review yang pas. Pernah juga nemu tulisan rekomen tentang dokter X, katanya oke, eh pas kesana ternyata ampuunn.. Kecewaa beraatt.. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah nama: dokter Asteria.

 

Dokter Asteria

Dokter Asteria praktik di Klinik dan Apotek Gratia Plena, tepatnya di ruko Purimas. Apa yang spesial dari dokter Asteria? Pertama, tepat waktu, bahkan lebih cepat dari jadwal. Rasanya ga pernah siy saya ke sana dan dokternya belum datang. Sesuatu yang cukup langka di jaman sekarang. Kedua, ngga gampang kasih antibiotik. Dokter Aster mungkin memberikan obat, tapi tidak gampang memberi antibiotik. Periksanya pun cukup detail. Ortu akan ditanya tentang perkembangan anaknya. Milestone apa saja yang sudah dicapai dan yang belum.

Dokter Aster ini gaya bicaranya agak tegas, jadi beberapa orang mungkin akan menilainya ‘galak’. Tapi so far saya pribadi sih santai aja, ngga pernah yang galak banget kok. Hehe..

Sekian review seadanya ini. Semoga membantu ya, mamaks!

12 Replies to “Rekomendasi Dokter Anak di Jakarta dan Batam”

  1. Dokter itu emang kaya nyari jodoh, cocok-cocokan *halah curhat wkwkw. Intinya sih emang gitu, kadang kalau udah cocok sama yg satu jadi susah mau pindah ke dokter lain. Keren nih rekomendasinya. Makasih kakk 🙂

  2. Topik tak lekang oleh waktu nih memang Mbak, sampai sekarang pun aku masih suka belanja dsa walau anakku sudah mau tiga tahun haha. dr Apin katanya ada di RSUD Pasar rebo juga ya, mungkin lebih murah kalau dsana yaa…

  3. Topik tak lekang oleh waktu nih memang Mbak, sampai sekarang pun aku masih suka belanja dsa walau anakku sudah mau tiga tahun haha. dr Apin katanya ada di RSUD Pasar rebo juga ya, mungkin lebih murah kalau dsana yaa

  4. Wahhh, dr. Asteria memang banyak direkomendasikan ya. Dulu sempet nyari beliau, tp pas tutup tpt prakteknya, hehe.

    Klo menurutku, dr. Indra Yanti juga terbaik mbak….

    1. dr. Indra Yanti dmana mba? Awalbross ya? Kyknya prnah dh..iya enak jg dokternya, tp wktu itu aku yg periksa, konsul laktasi..hehe..

  5. Pernah ketemu dokter Asteria sekali.
    Tapi pas dokternya praktek di Elisabeth Baloi.

    Emang dokternya teliti dan komunikatif.
    Jarang banget dokter anak yang komunikatif
    Seringnya mamaknya udah strees, eh dokternya nyantaii.
    Kan bikin gemes.
    Wkwkkww

    Asyik ya di JKT
    banyak dokter keren 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *