Tips Aman dan Nyaman Bermain di Happy Kiddy Nagoya Hill

Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya weekend kemarin jadi juga mengajak Thole main-main di Happy Kiddy Nagoya Hill Mall. Sebelumnya Thole sudah pernah main di tempat serupa di Jakarta. Eh, ternyata di sini buka juga, jadilah kami mau coba.

Thole hanya main sekitar satu jam, karena sudah ngantuk, jadi tak lama-lama lah. Dari kunjungan kami ke sana, ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan agar anak bisa bermain dengan aman dan nyaman di tempat umum. (“Anak” di sini dimaksudkan bukan hanya aman bagi anak kita sendiri, tapi juga anak-anak lainnya yang juga bermain di sana.)

  • Taati peraturan

Ini hal basic yang berlaku di mana saja kapan saja namun sayangnya seringkali dilupakan dan diabaikan. Happy Kiddy, dan area bermain serupa, mempunyai peraturan yang sudah terpampang nyata. Salah satunya adalah “dilarang makan dan minum” di area bermain. Ealah tapi saat saya ke sana, ada saja orang tua yang dengan santainya “piknik”. Makan cemilan, minum, di area agak dalam, dekat mandi bola. Spotnya memang tidak terlihat dari depan, tapi kan bukan itu intinya, toh? Udah gitu di sebelahnya ada petugas Happy Kiddy yang yaa diem-diem aja ga berani atau malas negur. Aduh maaakk…

Semoga yang seperti ini tidak membuat kita ikut-ikutan yak. Peraturan tetap harus dipatuhi, supaya anak bisa bermain dengan nyaman. Kan ngga asik kalau anak lagi lari-lari, main-main, tiba-tiba nemu potongan biskuit, atau biji buah. Hiii..

  • Perhatikan sekitar

Para pendamping anak-anak harus lebih aware dengan sekitar. memang , area bermain ini sudah di-setting sedemikian rupa sehingga aman bagi anak. Tapi bukan berarti tanpa risiko, apalagi di area yang cukup luas seperti Happy Kiddy. Kemarin saat saya ke sana, ada beberapa anak yang bermain flying fox. Nah, flying fox untuk anak-anak ini dirancang tidak terlalu tinggi, dan di bawahnya adalah area bermain juga tanpa ada pembatas. Kemudian ada anak yang sedang meluncur, dan di bawahnya ada anak yang ngga aware dan bergerak dari posisi jongkok ke berdiri. Alhasil kepala anak tersebut agak kena tabrak kaki anak yang lagi main flying fox. Pelan siy, karena anak yang di bawah mendadak sadar dan menghindar. Tapi kan tetap saja kita tidak mau hal demikian menimpa anak kita atau bahkan kita sebagai pendamping. So, perhatikan sekitar yaa.

  • Perhatikan mainan

Permainan yang tersedia di Happy Kiddy ini memang cukup banyak, lebih banyak dibanding tempat serupa yang pernah saya kunjungi di Jakarta. Anak-anak pun bisa memainkan macam-macam mainan. Nah, pendamping (terutama jika anaknya masih batita) sebaiknya memperhatikan mainan yang dipilih oleh anak, kalau bisa pilihlah yang kondisinya ok. Misal mobil-mobilan, ada salah satu mobil-mobilan yang rodanya copot satu, jadinya anak susah menggerakkannya, dan ini mengurangi keasyikan bermain.

  • Jangan lengah

Di tempat bermain anak sekalipun, hendaknya jangan lengah dalam mengawasi anak. Karena tak jarang pendamping yang menunggui anak justru asik main handphone sendiri, tau-tau anaknya jatoh, tau-tau anaknya berebutan mainan, tau-tau anaknya mukul anak orang. Duh. sesekali mengecek handphone tentu boleh, tapi jangan keterusan. Karena anak kecil belum sepenuhnya paham jika tindakannya bisa jadi mengganggu orang lain.

  • Berbagi mainan

Ini terutama bagi orang tua atau pendamping. Happy Kiddy dan tempat-tempat serupa adalah tempat bermain umum yang dimainkan bersama-sama. Artinya, tiap mainan boleh dimainkan siapa saja. Maka dari itu maakk, kalau anaknya lagi ngga mainin sebuah mainan, mainan itu jangan dikekepin. Seperti kemarin, ada seorang emak yang ngekepin mobil-mobilan, padahal anaknya lagi duduk-duduk atau lagi mainin yang lain, tapi itu mobilan dikekepin sama emaknya. Kan ngeselin. Lha, jadi curcol yak. (hehe..)

Mungkin anak bilang “ma, jagain mobilan ini” atau semacamnya, tapi orang tua harusnya memberi penjelasan bahwa mainan di sana bukan milik pribadi, dan mainnya bergantian.

Sebagai informasi tambahan, untuk Happy Kiddy Nagoya Hill ini tiket masuknya Rp45000 (non-member), bisa sepuasnya. Tambahan biaya kaos kaki Rp10000/pcs bagi yang tidak membawa kaos kaki, karena baik anak maupun pendamping harus memakai kaos kaki.

Demikian tips dari saya berdasarkan pengalaman berkunjung ke Happy Kiddy. Semoga bermanfaat bagi orang tua lainnya yang ingin mengajak anak main ke sana. 🙂

19 Replies to “Tips Aman dan Nyaman Bermain di Happy Kiddy Nagoya Hill”

  1. Ini yang di deket food point itu ya?
    Kalo lewat tempat mainan gt emang banyak deh aku liat yg anter anak sibuk ngobrol atau main hp jadi anaknya gak diperhatiin, padahal bisa bahaya juga ya kalo gt..

  2. Kayaknya, tips itu bisa berlaku di semua area bermain publik – terutama yang indoor ya kak. Paling nggak enak itu kalau lagi asik main tiba-tiba kaki atau anggota badan yang lain nginjek sisa makanan atau malah kena air minum yang tercecer. petugasnya musti lebih tegas tu kak..

  3. Dulu, sering ajak anak pertama main ke Happy Kiddy di Nagoya Hill. Apalagi waktu papanya kerja di Nagoya Hill. Tempatnya lumayan luas, mainannya juga lengkap. Entah kenapa anak kedua ini jarang banget kami bawa ke area playground. Lebih sering jalan ke alam terbuka. Memang sesekali penting juga ajak anak ke playground biar melatih aktivitas fisik.

  4. Pengen banget bawa anak kesini, tapi gitu bilang ama suami, langsung di tanya, “tempatnya bersih nggak? berapa sering petugasnya bersihin maianan?” Dan ga bisa jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *