Review Buku Orangtua Cermat Anak Sehat

Nyesel! Kenapa Ngga dari Dulu Beli Buku Ini 🙁

Sebenarnya sudah sejak lama saya tahu tentang buku ini karena saya mem-follow akun FB dokter Arifianto (Apin). Akan tetapi, saya pernah mencari buku ini di Gramed dan tidak ketemu. Segera setelah lahiran, saya cari buku ini di Tok*pedia dan Buk*lapak, tapi ngga nemu seller yang terpercaya. Akhirnya, alhamdulillah, dengan izin Allah, saya menemukan buku ini via Sh*pee.


Saya segera baca bab tentang batuk pilek karena saat itu Thole sedang batuk pilek. Seketika saya menyesal karena telah memberi obat ini itu pada Thole. Padahal, menurut dokter Apin–di buku tersebut–selesma atau common cold bisa sembuh sendiri tanpa obat. Dan benar saja, saya stop pemberian obat Thole ketika dia masih batuk pilek, dan beberapa hari kemudian sembuh sendiri. Alhamdulillah.


Di buku ini dibahas berbagai masalah kesehatan yang sering dialami anak. Dijabarkan juga cara penanganan di rumah (home remedy) dan kapan anak harus dibawa ke dokter. Yang tidak kalah penting adalah kolom Mitos vs Fakta. Salah satunya adalah fakta bahwa tidak semua bayi kuning harus disinar.


Sayangnya, ada beberapa typo alias salah ketik yang agak mengganggu ketika dibaca. Dan karena ini buku kesehatan, salah typo sedikit bisa sangat berbeda makna.


Menurut saya pribadi sebagai emak-emak baru, mamah-mamah muda, buku ini sangat penting sebagai salah satu referensi kesehatan anak. Semacam obat antipanik bagi orangtua.

Buku “Orangtua Cermat Anak Sehat” ini saya beli dengan harga Rp60.000 (plus tanda tangan dokter Apin lho! *salahfokus).

2 Replies to “Review Buku Orangtua Cermat Anak Sehat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *